Blogger Jateng

Manfaat Berolahraga Untuk Usia Lanjut


Berolahraga Untuk Usia Lanjut
Taman Lansia

Menjadi tua itu pasti, namun menjaga kesehatan itu tetap menjadi sebuah keharusan. Pada umumnya makin bertambah usia orang makin membatasi pergerakannya, dan tanpa disadari berbagai keluhan kesehatanpu mulai dirasakannya. Melihat hal itu, olahraga bagus secara khusus akan membahas tentang manfaat olahraga bagi usia lanjut/lansia.


Olahraga memang salahsatu aktivitas tubuh/olah tubuh yang secara utuh busa dilakukan oleh setiap orang, baik anak,dewasa, tua, muda, laki-laki, perempuan. Dan pada umumnya salah satu motivasi berolahraga itu hanya semata-mata untuk kesehatan/menjaga kesehatan tubuhnya. Dalam hal ini, sangat jelas bahwa seseorang yang sudah berusia lanjut/lansia sangat penting untuk berolahraga.

Jika kita lihat manfaat olahraga bagi usia lanjut/lansia memang sangat luar biasa manfaatnya. Diantaranya adalah: Melancarkan sirkulasi darah, memperkuat otot, memperkuat daya ingat, mencegah pengeroposan tulang, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, dan menaikan kolestrol baik. Nah bagi para bapak/ibu yang merasa berusia lanjut tertarik bukan untuk berolahraga? sudah tau bukan manfaatnya berolahraga bagi usia lanjut/lansia?.

Untuk jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan bagi para usia lanjut atau lansia tidaklah sulit, cukup dengan anda membiasakan diri untuk berjalan santai, memotong rumput, berenang, bersepeda santai, membersihkan rumah, atau barbelanja. Hal ini bisa dilakukan sehari-hari dan sangat besar manfaatnya. Dengan melakukan aktivitas ini berarti anda sudah membiasakan untuk hidup sehat dan secara tidak langsung manfaat olahraga akan terasa.

Namun jika anda merasa masih mampu untuk beraktivitas lebih, olahraga bagus menyarankan untuk melakukan aktivitas olahraga yang sedikit menguras tenaga seperti misalnya:  
Latihan aerobik: Seperti misalnya berjalan kaki atau bersepeda dengan menggunakan penghitungan waktu selama 30 menit dan dilakukan 4 kali dalam seminggu.
Latihan kekuatan: Seperti misalnya mengangkat botol air mineral yang terisi, atau naik turun satu tangga. Semua dilakukan dengan berulang dan diawali dengan per
lahan.
Latihan keseimbangan: Seperti misalnya berdiri pada satu kaki lalu dihitung satu sampai sepuluh, atau berjalan mengikuti garis lurus dengan tangan di rentangkan. 

Latihan ini sangat penting karena memiliki bukti ilmiah guna meningkatkan kestabilan tubuh dan menghindari penuaan dan kepikunan. Dengan demikian manfaat olahraga bagi usia lanjut/lansia ini sangat luar biasa jika dilakukan dengan sangat baik dan harus didorong dengan kemauan yang sangat tinggi.

Itulah ulasan tentang manfaat olahraga bagi usia lanjut/lansia yang bisa saya bagikan, anda bisa menggali seputar ilmu olahraga yang lain untuk menambah wawasan yang lebih luas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Berolahraga Untuk Usia Lanjut"