Blogger Jateng

Tips Unik Agar Mudah Mendapatkan Bantuan COVID-19

TECH.KUAMANGMEDIA.COM - Pasca-perpanjangan kembali kedaruratan dengan PPKM Level 3-4, anggaran bantuan sosial (bansos) untuk penanganan COVID-19 terus bertambah. "Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 21 Juli 2021.

Tips Unik Agar Mudah Mendapatkan Bantuan COVID-19
Ilustrasi foto pedagang UMKM. Foto : Wikipedia

Lebih lanjut, Jokowi juga menjelaskan bahwa anggaran akan dialokasikan untuk Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa, dan Program Keluarga Harapan (PKH). Pemerintah juga akan memberikan sembako, bantuan kuota internet, subsidi listrik, dan Rp 1,2 juta untuk 1 juta usaha mikro.


Alhamdulillah, rujukan dana bansos kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 tak ayal seperti oase di gurun pasir yang panas dan luas. Lihat kanan-kiri, depan-belakang di lingkungan sekitar rumah, nampak berbinar saat mendapat informasi dari Pak RT akan mendapatkan beberapa jenis bansos dari pemerintah.


Bagi yang belum atau ingin juga merasakan kenikmatan berbagai jenis bantuan perlindungan sosial, hehe, berikut simak 3 tips melalui cara-cara yang nakal agar mudah mendapatkannya.


1. Mengaku sebagai Pedagang

Anda ingin mendapatkan BLT UMKM, meskipun bukan pedagang? Maka, cobalah meniru usaha mantan ART dengan berpura-pura memiliki usaha kecil-kecilan. Si mbak pernah mendapatkan BLT UMKM di tahun 2020 sebesar 2,4 juta.


Dengan informasi dan bantuan temannya, mantan ART saya melengkapi segala macam persyaratan (KTP, KK, dll) untuk diajukan ke kecamatan di Jakarta sebagai penerima dana tersebut. Yang menguatkan berkasnya adalah foto gerobak milik saudaranya dan keterangan bahwa mbak dan saudaranya itu sedang menjalankan bersama usaha menjual minuman dan makanan kecil.


Padahal tanpa sekadar mengaku-aku sebagai pedagang kecil-kecilan, bisa saja si mbak joint dan mengembangkan usahanya di sela-sela waktu luangnya karena dia biasanya hanya bekerja setengah hari.


Beberapa kali, saya pernah menakut-nakuti mbak, kalau sewaktu-waktu ada sidak penerima BLT UMKM, bagaimana mempertanggunjawabkannya. "Yah, saya akan bilang kan joint bareng Bu Anis", ngeyel mbak kepada saya.


Tidak dipungkiri pula bahwa program BLT UMKM ini telah mencetak banyak wirausaha baru di Indonesia dengan dibuktikan data survei BPS yang menyatakan terdapat penambahan sekitar 760 ribu orang yang menjalankan usaha baru dan buruh informal naik 4,5 juta.

Manfaat lainnya adalah mampu menekan lonjakan angka pengangguran di tengah pandemi COVID-19. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Deputi Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iwan Faidi, dalam acara Dialog Produktif Rabu Utama bertajuk Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021, Rabu (5/5/2021).


2. Daftarkan 2 Nomor HP dengan Operator Selular yang Berbeda ke Kampus

Tips Unik Agar Mudah Mendapatkan Bantuan COVID-19
Sumber Foto : Kemendikbud

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan program kuota internet (paket data) kepada peserta didik, mahasiswa, tenaga pendidik dan dosen. Program ini bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi COVID-19.


Bagi mahasiswa yang sering fakir pulsa, program ini sangat membantu sekali dalam kegiatan PJJ. Namun, meskipun demikian, tidak semua situs/aplikasi dapat diakses menggunakan bantuan kuota internet ini, khususnya jejaring media sosial dan permainan daring.


Di sisi lain, banyak juga mahasiswa yang sangat menikmati kuota belajar ini. Dikisahkan pengalaman kolega yang bertugas di salah satu poltekkes, dimana kampus ini untuk bantuan kuota untuk PJJ, hanya dari 2 operator tertentu, yaitu Telkomsel dan Indosat.


Informasi awalnya, yang nomor selular yang didaftarkan hanya provider Telkomsel saja. Alhasil civitas akademika, termasuk mahasiswa,yang tidak menggunakan operator tersebut, mendaftarkan nomor HP adiknya/ibunya/kakaknya atau bahkan temannya lain.


Namun, informasi berikutnya hanya bagi yang menggunakan Indosat, dan akhirnya malahan bisa mendaftarkan untuk bantuan kuota internet bagi kedua operator tersebut. Sehingga, banyak mahasiswa/dosen/karyawan poltekkes bisa mendapatkan bantuan kuota belajar di 2 nomor HP yang berbeda operatornya. Wkwkwk.


Jadi, sepertinya kebijakan bantuan kuota internet kembali lagi kepada masing-masing institusi pendidikan / instansi yang mengelola, memverifikasi, dan memvalidasi bantuan ini.


Melalui laman situs https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/, semua operator selular bisa didaftarkan sebagai pihak penerima kuota belajar. Yang pasti, jangan harap paket data ini bisa untuk main free fire, roblox, mobile legend, dll.


3. Positif COVID-19 dan Isolasi Mandiri (Isoman) di Rumah

Positif COVID-19 dan Isolasi Mandiri
Ilustrasi foto Positif COVID-19. Foto : Ditjen P2P, Kemenkes

"Alhamdulillah, terima kasih Pak RT atas bantuan sembakonya. Barakallah", tak sengaja saya membaca status WA Ibu saya yang dibubuhi dengan foto sekardus mie instant, beras, minyak goreng, dll.


Dan, Ibu saya kembali mendapatkan bansos sembako, melalui adik saya karena anak adik saya (12 tahun) reinfeksi Covid untuk ketiga kalinya dan dirawat di RS dengan diagnosis prolonged Covid.


Padahal keluarga besar kami bukanlah bagian DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang berhak menerima pelbagai macam bansos. Sedih ya, mendapatkan bansos sembako karena ada anggota keluarga yang terkonfirmasi Corona.


Dan, bantuan sembako yang diterima pada bulan Juli 2021 adalah yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya juga mendapatkan pada bulan Oktober-November 2020 saat terjadi klaster keluarga.


Keluarga besar kami pada waktu itu yang sebagian isoman dan sebagian lagi dirawat di RS bantuan sembako yang terima berasal dari program Banpres dan program bansos Pemprov DKI Jakarta.


Jika dipikir-pikir, Pak RT di lingkungan rumah Ibu memang baik hati dan peduli dengan kondisi warganya, karena berdasarkan pengalaman pribadi dan informasi dari teman-teman juga tidak semua RT melakukan hal tersebut.


Nah, jadi Anda mau gampang mendapatkan bansos? Ya, kudu kena kena Covid dulu. Masalahnya, apa iya ada yang mau kena Covid demi dapat bansos? Kok nekat sekali hidupnya, wkwkwk.


Berbagai macam cara, masyarakat bahkan pejabat negara ingin turut serta merasakan ragam perlindungan sosial ini. Mulai dengan cara-cara yang wajar dan normal, setengah normal, hingga abnormal yang berakhir dibalik jeruji BUI.

Komisi Pemberantasan Korupsi
Foto www.lapor.go.id

Oleh karena itu, apabila masyarakat menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam pelaksanaan program dana perlindungan sosial, tidak segan-segan mengumpulkan bukti dan melaporkan melalui saluran-saluran pengaduan seperti www.lapor.go.id, SMS Lapor 1708, bansoscovid19@kemsos.go.id, dan aplikasi JAGA/situs: https://jaga.id yang dibangun oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Ditulis: Dwi Handriyani

Pranata Humas di Kementerian Kesehatan

Editor : Kuamangmedia

Post a Comment for "Tips Unik Agar Mudah Mendapatkan Bantuan COVID-19"