Blogger Jateng

Bagaimana Membuat Halaman Disclaimer

Bagaimana Membuat Halaman Disclaimer
Bagaimana Membuat Halaman Disclaimer

Technology - Bagaimana Membuat Halaman Disclaimer untuk blog atau website yang nantinya biosa mendukung untuk kelengkapan sebuah situs, dan apa saja manfaat daripada halaman disclaimer ini..

Halaman Disclaimer adalah salah satu penunjang lengkapnya salah satu website, dengan Halaman Disclaimer akan lebih mudah diterima juga untuk mendaftar program periklanan google adsense, oleh karena itu sangat penting situs anda harus memiliki halaman disclaimer.

{getToc} $title={Table of Contents}

Bagaimana Membuat Halaman Disclaimer


Sahabat Techno yang kami hormati dimanapun anda berada, Salah satu kemudahan yang ditawarkan di era digital atau di zaman technology serba canggih saat ini adalah siapa saja bisa memiliki website mereka sendiri. Sekarang untuk membuat website tidak memerlukan dukungan dari perusahaan maupun organisasi tertentu.

Karena saat ini setiap orang yang bisa mengoperasikan internet memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki website dan mengelolanya. Bahkan sekarang sudah banyak cara membuat website dengan sangat mudah seperti WordPress dan website builder.
Website bisa mempermudah bisnis Anda berkembang, website memberi Anda akses ke banyak calon pelanggan yang potensial dengan investasi yang sangat kecil. Menarik bukan? Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata ada salah satu halaman penting yang seringkali dilupakan para pemilik website.{alertSuccess}

Apa itu? Nama halaman tersebut adalah disclaimer. Isinya tentang semua ketentuan yang perlu ditaati oleh pengunjung website atau blogger Anda nantinya, termasuk tentang informasi yang ada di website dan apapun yang berkaitan dengan website Anda.

Lalu, bagaimana cara membuat halaman disclaimer? Tenang, mudah kok! Tapi, sebelum kita membahas teknikal cara membuat halaman disclaimer baiknya kita mengenal lebih dekat dengan halaman yang satu ini.

Apa Itu Halaman Disclaimer?


Singkatnya halaman disclaimer adalah halaman pelindung bagi pemilik website dari segala kemungkinan tuntutan hukum pengunjung website. Tuntutan hukum akan diberikan kepada website, jika dalam website tersebut ditemui beberapa masalah.{alertSuccess}

Masalah tersebut seperti salahnya informasi yang ada di website. Sehingga sebagian orang mendapatkan kerugian atau adanya penyebaran malware maupun virus di file download yang tersedia, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu, agar tuntutan hukum tidak terjadi pada website Anda. Adanya halaman disclaimer sangat membantu sekali, karena bisa menjadi pegangan ketika Anda menemukan sebuah kasus tersebut.

Terutama kasus yang timbul karena ketidak sengajaan website Anda. Akan tetapi perlu dipahami bahwa halaman disclaimer ini tidak selalu bisa melindungi website Anda. Tapi setidaknya ada halaman yang sudah memperingatkan pengunjung tentang kemungkinan yang terjadi di website Anda.

Apa Bedanya Halaman Disclaimer dan Terms and Conditions?


Ketika kita mendengar tentang halaman disclaimer, tidak jarang beberapa orang menganggap bahwa halaman disclaimer itu sama dengan halaman Terms and Conditions. Sebenarnya disclaimer maupun Terms and Conditions adalah dua halaman berbeda dan keduanya memiliki perbedaan yang menonjol.{alertInfo}

Apa perbedaan keduanya ini? Pertama kita jelaskan secara singkat terlebih dahulu tentang Terms and Conditions.

Terms and Conditions merupakan halaman yang memiliki fungsi pengikat perjanjian antara pemilik dan juga pengguna website.

Isinya mengatur tentang ketentuan hak, kewajiban, tanggung jawab dan berbagai aturan dalam menggunakan suatu layanan.

Sedangkan halaman disclaimer adalah halaman pelindung website dari kemungkinan tuntutan hukum dari pengunjungnya karena miss informasi dan semacamnya.

Banyak diantara kita yang menganggap halaman disclaimer dengan Terms and Conditions merupakan dua halaman yang sama saja. Tapi ternyata keduanya memiliki perbedaan yang menonjol, meskipun memang banyak situs yang hanya menggunakan salah satunya.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada banyak situs juga yang menambahkan halaman Terms and Conditions meskipun sudah ada halaman disclaimer.

Karena memang Terms and Conditions digunakan untuk menyusun kerangka kerja secara khusus mengenai aturan penggunaan layanan di website Anda.

Sudah jelas bukan bahwa halaman disclaimer dengan halaman Terms and Conditions adalah dua halaman dengan fungsi yang berbeda. Sekarang, mengapa kami merekomendasikan Anda untuk memiliki halaman disclaimer di website? Mari kita cari tahu sama-sama!

Alasan Sebuah Website Harus Memiliki Disclaimer


Dikutip dari situs exabytes.co.id, Salah satu alasan sebuah website direkomendasikan banyak orang agar memiliki halaman disclaimer adalah agar para pengunjung website tidak salah paham. Terutama ketika website tersebut tanpa sengaja memuat info yang keliru, atau ketika ada info yang dapat merugikan pengunjung.

Misalnya saja, Anda membuat sebuah tutorial tentang optimasi instagram atau media sosial lainnya. Dengan perkembangan media sosial saat ini yang begitu cepat.

Terkadang konten-konten tersebut bisa dengan mudah kadaluarsa atau tutorial yang Anda jelaskan sudah tidak bekerja di beberapa bulan kedepan seiring dengan perkembangan media sosial yang terus berubah.

Nah, dengan adanya disclaimer, bisa memberi tahu para pengunjung website bahwa konten yang Anda buat tidak berniat untuk memberikan informasi yang tidak benar.

Disclaimer juga bisa Anda gunakan untuk menyatakan bahwa konten yang ada di website Anda dijamin asli.

Selain untuk hal tersebut, halaman disclaimer juga bisa menjadikan website user friendly dan dengan mudah mendaftar Google Adsense, karena halaman disclaimer adalah salah satu syarat diterimanya pendaftaran ke Google Adsense.

Cara Membuat Halaman Disclaimer


Setelah mengetahui alasan sebuah website harus memiliki halaman disclaimer, sekarang waktunya membuat halaman disclaimer tersebut. Kami telah berhasil merangkum cara membuat halaman disclaimer dengan mudah, Anda bisa menerapkan salah satu cara berikut ini:

Disclaimer kami buat untuk [nama website]
Dengan menggunakan [nama website], Anda telah memahami dan secara otomatis Anda setuju dengan segala ketentuan yang ada di [nama website].

Segala informasi yang ada di [nama website] ini merupakan informasi yang ditulis dengan sebenar-benarnya. [nama website] tidak bertanggung jawab atas kebenaran atau kesalahan informasi tersebut.

Konsekuensi dari aksi yang Anda lakukan berdasarkan informasi yang kami tulis di [nama website] bukan tanggung jawab [nama website].

Website [nama website] ini juga terdapat tautan menuju website lain. Meski[un [nama website] telah berusaha untuk mencantumkan tautan website-website paling terpercaya, kontennya berada di bawah kendali pemilik website tersebut. Informasinya dapat berubah sebelum [nama website] sempat mengganti maupun menghapusnya.

Maka dari itu, [nama website] akan segera mengganti dan menghapus informasi maupun tautan yang terbukti salah. Bantuan Anda dalam bentuk komentar atau email akan sangat membantu kami, kami selalu terbuka dari pengaduan yang Anda berikan.

Anda juga perlu memahami bahwa website-website tersebut juga memiliki terms of service (TOS) dan kebijakan privasi atau Privacy Policy mereka sendiri. Sehingga kami menganjurkan Anda untuk terlebih dahulu membaca term of service dan kebijakan privasi dari website tersebut.

Salam hangat kami,
Kuamangmedia.com

Rancangan di atas bisa Anda gunakan tanpa mengubah isinya atau bisa Anda sesuaikan dengan website yang Anda miliki.{alertInfo}


Membuat Halaman Disclaimer dengan Generator Disclaimer


Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan tool bernama Privacy Policy Online untuk membuat halaman disclaimer.

Langkah 1: buka halaman website Privacy Policy Online. di https://www.privacypolicyonline.com/

Membuat Halaman Disclaimer dengan Generator Disclaimer
Langkah 2: Di halaman website tersebut, klik menu Free Generators dan pilih Disclaimer Generator.

Langkah 3: Ketikkan nama website/blog lengkap dengan URL-nya di kolom yang disediakan dan klik Next untuk menuju ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Klik kolom Country dan pilih nama negara.

Langkah 5: Di kolom State Anda klik dan pilih provinsi. Jika sudah, masukkan alamat email aktif Anda di bagian kolom yang tersedia dan klik tombol Create Disclaimer.

Langkah 6: Teks untuk halaman disclaimer Anda sudah jadi dan siap digunakan. Cara menggunakannya dengan menyalin teks tersebut dan klik tombol Copy to Clipboard.

Catatan: Perlu diingat bahwa teks yang Anda salin tersebut biasanya akan disertai dengan tag HTML dan kami mengingatkan untuk jangan menghapus tag tersebut.{alertWarning}

Cara ini pastinya memiliki kekurangan dan salah satunya adalah bahasa yang digunakan. Anda tidak bisa menggantinya ke bahasa Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan bahasa Indonesia, bisa gunakan cara yang pertama.

Memiliki halaman disclaimer sangat bermanfaat untuk melindungi website dari kemungkinan terburuk pengunjung menuntut dampak dari aksi berdasarkan informasi yang Anda tulis di website, halaman disclaimer juga berfungsi sebagai warning bagi pengunjung website agar menggunakan segala informasi di website Anda dengan sangat bijak.

Sumber: https://www.exabytes.co.id/blog/cara-membuat-halaman-disclaimer/{alertError}

Post a Comment for "Bagaimana Membuat Halaman Disclaimer"