√ Kenapa Persentase Baterai Yang Ditampilkan Tidak Akurat? - Berita Seputar Teknologi
News Update
Loading...

Kenapa Persentase Baterai Yang Ditampilkan Tidak Akurat?

komisi 5 dollar dari safelinku


Mungkin banyak yang bertanya mengenai persentase baterai yang tidak akurat. Persentase tidak akurat memang sering terjadi, misalnya: persentase menunjukan bahwa baterai masih 30% dan dapat digunakan untuk 1 jam 20 menit. Namun kenyataannya saat digunakan baterai melemah dan muncul peringatan bahwa Laptop perlu di charge, padahal baru digunakan selama 20 menit. Kenapa hal tersebut bisa terjadi dan mengapa persentase tidak akurat saat menampilkan daya baterai, berikut ini penjelasanya.

Alasan

Pada dasarnya tampilan baterai memang tidak akurat terjadi karena persentase tersebut tampil berdasarkan saat Anda menggunakan Laptop. Contoh sederhana misalnya saat Anda menggunakan Laptop hanya untuk browsing internet, berbeda dengan saat Anda bermain game atau membuka video. Jadi intinya semua tergantung Anda menggunakan Laptop untuk apa. Semakin banyak aplikasi atau program yang Anda jalankan maka baterai Laptop akan semakin boros dan persentase baterai jadi tidak menentu.

Solusi
Solusi mengatasi persentase baterai tidak akurat adalah dengan cara mengisi baterai hingga penuh 100%. Selanjutnya Anda dapat mengatur opsi daya baterai dengan cara Klik kanan pada gambar baterai > Pilih Power Options > Pilih Balanced (recommended) > Klik Change plan settings > Atur Dim the display menjadi Never, Turn off the display menjadi Never dan Put the computer to sleep menjadi Never. Anda juga perlu mengatur Hibernate dengan memilih change advanced power settings > Pilih Battery > Low battery level > Atur On Battery menjadi 5%. Selanjutnya langkah yang terakhir adalah membiarkan Laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan Laptop mati dengan sendirinya. Bila Laptop telah mati total, Anda dapat mengisi baterai Laptop hingga 100% dan Anda dapat mengatur Power Options kembali seperti semula. Hasilnya persentase baterai akan lebih akurat dibandingkan dengan sebelumnya. Bila penasaran dengan hal tersebut, Anda bisa mencobanya.

Share with your friends

Give us your opinion

Tips memasukan gambar pada kolom komentar dengan cara menambahkan kode dibawah ini.

[img]URL Gambar Anda[/img]

Notification
Terima kasih telah berkunjung di situs kami.
Done